Pesanan Mesin Inti Jepang Mei Merosot 2 Bulan Berturut

823

Pesanan mesin inti Jepang turun untuk bulan kedua berturut-turut pada Mei, menurut data yang dirilis Senin (11/07), menunjukkan perlambatan lanjutan dalam investasi bisnis di kuartal kedua di tengah perlambatan ekonomi global.

Pesanan Inti  – indikator utama dari investasi bisnis – turun 1,4% dari bulan sebelumnya. Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal dan Nikkei memperkirakan kenaikan 2,9%.

japan-machinery-orders (3)

Penurunan dalam pesanan Mei mengikuti penurunan terbesar dalam hampir dua tahun di bulan April.

Pada basis tahun-ke-tahun, pesanan inti juga jatuh pada bulan Mei sebesar 11,7%.

Pemerintah merevisi turun penilaian mengenai tren secara keseluruhan, mengatakan bahwa pertumbuhan pesanan mesin itu terhenti. Sebelumnya itu mengatakan pesanan yang menunjukkan tanda-tanda kenaikan.

Belanja bisnis telah melambat sejak awal 2016 karena kekhawatiran meningkat tentang pertumbuhan Tiongkok dan pasar komoditas lemah. Kekhawatiran pertumbuhan intensif setelah U.K. memutuskan bulan lalu untuk meninggalkan Uni Eropa, menciptakan ketidakpastian baru tentang ekonomi Eropa.

Setelah naik selama dua tahun berturut-turut di bawah program pro-pertumbuhan Perdana Menteri Shinzo Abe abenomics, investasi bisnis kehilangan momentum di kuartal pertama.

Pemerintah dan Bank of Japan menyatakan bahwa pengeluaran bisnis tetap pada tren pemulihan bertahap.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here