Lemahnya Rupiah Selasa Tidak Halangi Asing Setor Triliunan ke Bursa

424

Mengakhiri perdagangan  pasar valas  hari Selasa (12/7), kurs rupiah yang bergerak negatif sepanjang hari masih bergerak lebih rendah dari perdagangan sebelumnya namun dengan volume pelemahan yang semakin berkurang oleh tekanan yang diterima dollar AS dari rival-rivalnya.

Meskipun rupiah sedang koreksi tapi investor  asing terus memburu saham-saham lokal sehingga terbentuk  net buy  hari ini sebesar Rp1,5 triliun  lebih. Dan dampak aksi asing ini  membuat   IHSG masih bergerak positif dengan kenaikan 0,6 persen  ke posisi 5100.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13120/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13096/US$. Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke  13151  dari  posisi 13112 perdagangan hari Senin (11/07), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13217 setelah perdagangan sebelumnya 13178.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  seiring tekanan yang diterima   dollar AS   dari  rival-rivalnya hingga akhir perdagangan. Sentimen perburuan aset emerging market masih terus membayangi pasar global.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here