Harga Minyak Mentah Naik 2 Persen Dengan Pelemahan Dollar AS

659

Harga minyak mentah naik sebanyak 2 persen pada penutupan perdagangan AS Jumat dinihari tadi, terdukung pelemahan dollar AS, sehari setelah minyak mentah berjangka terpukul oleh permintaan AS yang lemah untuk bahan bakar selama musim panas.

Dolar AS melemah dengan reli poundsterling setelah Bank of England membuat keputusan mengejutkan untuk tidak menurunkan suku bunga.

Melemahnya dolar AS cenderung membuat minyak mentah dalam mata uang dollar AS lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Harga minyak mentah berjangka AS ditutup naik 93 sen, atau 2 persen, di $ 45,68, setelah naik setinggi $ 45,80 di awal sesi.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan 2 persen lebih tinggi, naik 94 sen, pada $ 47,20 per barel, dari puncak sesi $ 47,47.

Benchmark minyak mentah utama Brent dan AS West Texas Intermediate (WTI) kehilangan sekitar 4 persen pada Rabu, karena sentimen bearish data persediaan mingguan AS meningkatkan kekhawatiran tentang kekenyangan global.

Persepsi bahwa hari sebelumnya bergerak berlebihan juga didukung mentah.

“Ini selalu terjadi sehari setelah rally besar atau anjlok bagi orang untuk merasa itu berlebihan,” kata Phil Flynn, analis Chicago broker Harga Futures Group.

Persediaan minyak mentah AS turun kurang dari yang diperkirakan pekan lalu, sedangkan persediaan distilat naik terbesar sejak Januari dan stok bensin secara tak terduga meningkat, Administrasi Informasi Energi (EIA), menyatakan Rabu.

Banyak yang memperkirakan rekor perjalanan mengemudi dan harga pompa rendah untuk meningkatkan penggunaan bensin musim panas ini. Sebuah kekenyangan dalam produk olahan global adalah menempatkan minyak mentah di bawah tekanan, dengan minyak Timur Tengah terpukul khususnya oleh permintaan Asia rendah.

Menambah sentimen bearish, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan Rabu kekenyangan minyak mentah global terus-menerus membebani minyak meskipun pertumbuhan permintaan dan penurunan produksi non-OPEC.

Data pada Kamis dari perusahaan intelijen pasar Genscape menunjukkan peningkatan 171.511 barel di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma untuk WTI berjangka selama seminggu sampai 12 Juli, kata para pedagang.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik jika pelemahan dollar AS terus  berlanjut yang dapat mengangkat harga minyak. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 46,20- $ 46,70, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support 45,20 – $ 44,70.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here