Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Kekuatiran Kekenyangan Pasokan

768

Harga minyak mentah menurun di awal perdagangan sesi Asia pada Selasa (19/07) karena kekhawatiran kekenyangan produksi atas minyak mentah dan bahan bakar melebihi pengurangan yang diharapkan dalam produksi shale AS.

Harga minyak mentah turun lebih dari 1 persen pada sesi sebelumnya setelah kekhawatiran tentang potensi gangguan pasokan mereda setelah kudeta Jumat di Turki.

Harga minyak mentah berjangka AS, yang dikenal sebagai West Texas Intermediate (WTI), turun 13 sen menjadi $ 45,11 per barel pada 0021 GMT setelah ditutup turun 71 sen, atau sekitar 1,6 persen, pada sesi sebelumnya.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun 9 sen menjadi $ 46,87 per barel setelah menyelesaikan sesi sebelumnya turun 65 sen, atau 1,4 persen.

“Harga minyak turun karena kekhawatiran atas gangguan pasokan di Turki mereda. Minyak Mentah terus mengalir melalui Turki tanpa hambatan setelah kudeta yang gagal, menurut Menteri Energi negara,” kata ANZ dalam sebuah catatan pada hari Selasa.

“Harga energi lemah akan terus membebani lebih luas dalam beberapa hari mendatang. Namun, dampak gangguan pasokan di beberapa pasar masih diharapkan membatasi sisi negatifnya,” tambah ANZ.

Persediaan bahan bakar di Amerika Serikat, Eropa dan Asia yang penuh meskipun puncak musim mengemudi, membawa pedagang untuk menyimpan diesel pada kapal tanker di tengah laut menekan pertumbuhan permintaan dan memperkecil produksi minyak mentah.

Namun, produksi minyak serpih AS diperkirakan akan jatuh pada bulan Agustus untuk bulan kesepuluh sebesar 99.000 barel per hari menjadi 4,55 juta barel per hari, menurut (EIA) yang melaporkan produktivitas pengeboran yang dirilis pada hari Senin.

Selanjutnya yang membebani pasokan, persediaan minyak mentah komersial AS kemungkinan turun 2,2 juta barel dari 521.800.000 barel dalam pekan yang berakhir 15 Juli Reuters jajak pendapat awal dari analis menunjukkan pada hari Senin. Itu akan menjadi sembilan minggu berturut-turut penurunan pasokan.

Jajak pendapat itu diambil menjelang laporan persediaan mingguan dari kelompok industri American Petroleum Institute (API), yang akan merilis laporan sahamnya hari Selasa, dan US Department of Energy Information Administration Energi (EIA), yang akan mempublikasikan data persediaan pada Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah dengan sentimen kekenyangan pasokan. Juga perlu diperhatikan pergerakan doillar AS . Harga diperkirakan akan menembus kisaran Support $ 44,60- $ 44,10, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance 45,60 – $ 46,10.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here