Bank Rakyat Tiongkok Perkuat Yuan Naik Tertinggi Sebulan

858

Mata uang Yuan Tiongkok menguat tertinggi dalam sebulan di tengah perkiraan bank sentral Tiongkok akan menahan mata uang dari pelemahan yang melebihi tingkat kunci.

Bank Rakyat Tiongkok memperkuat tingkat referensi harian, yang membatasi gerakan onshore ke 2 persen di kedua sisi, karena dolar AS naik semalam.

Ada banyak spekulasi bahwa pemerintah mencegah yuan dari tergelincir masa lalu sebesar 6,7 terhadap dolar untuk saat ini, kata Sue Trinh, Royal Bank of Canada’s Hong Kong-based head of Asian foreign-exchange strategy, demikian yang dilansir Bloomberg, Rabu (20/07).

Mata uang Yuan naik 0,21 persen menjadi 6,6831 per dolar pada 09:58 di Shanghai, setelah turun melewati 6,7 untuk pertama kalinya sejak 2010 pada hari Senin. Yuan di pasar offshore Hong Kong menguat 0,24 persen menjadi 6,6945.

“China tidak ingin melihat depresiasi yuan, setidaknya untuk saat ini, karena itu akan memacu perdagangan spekulatif pendek mata uang,” kata Zhou Hao, seorang ekonom di Commerzbank AG di Singapura. “Semua menunggu kesempatan bearish Yuan untuk datang, dan beberapa sudah mulai membangun posisi tersebut. Jika yuan melemah melampaui 6,7 dolar, itu bisa mencapai 6,75 cepat, dan kami akan mulai melihat laporan tentang hal itu mencapai 6,8. “

Bank sentral Tiongkok menaikkan penetapan harian sebesar 0,04 persen menjadi 6,6946 per dolar pada Rabu. Yuan diperdagangkan di Shanghai dan di Hong Kong rally pada Selasa sore di tengah spekulasi pihak berwenang mendukung mata uang.

“Model kami menunjukkan penetapan tersebut harus lebih lemah dari 6.70 hari ini, tapi ternyata menjadi lebih kuat,” kata Gao Qi, seorang analis di Scotiabank. “Bank sentral bisa mempertahankan tingkat 6,70 untuk mengelola ekspektasi pasar dalam waktu dekat karena tekanan depresiasi pada yuan akan tetap ada di sisa tahun ini.”

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here