Rupiah Senin Pagi Melaju Cepat Disaat Dollar Sedang Lemah

529

Mengamati pergerakan kurs rupiah ditengah perdagangan valas dan antar bank tanah air hari Senin (01/08)  bertambah kuat terhadap dollar AS setelah  diawal perdagangan dibuka lebih tinggi  dari perdagangan sebelumnya. Kekuatan rupiah pagi ini juga seiring dengan penguatan kurs BI sedang perkuat  nilai kursnya dan kondisi dollar AS yang  sedang terpukul kuat lawan rival-rivalnya.

Lihat: Dollar AS Sesi Asia 1 Agustus Semakin Susah

Kekuatan rupiah pagi ini juga semakin memperkuat alasan investor asing alirkan modal yang cukup besar pada bursa saham sehingga tercetak net buy asing sebanyak Rp411 miliar lebih beberapa saat setelah dibuka.  Aksi  investor asing ini  membuat IHSG pagi ini mendaki  hingga 2,1%.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,45% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13053/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13049/US$.  Demikian  untuk  kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  menguat ke  13080  dari  posisi 13094 perdagangan hari Jumat (29/07).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat hingga akhir perdagangan  mengambil momentum lemahnya fundamental dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13092 resistance  13048.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here