Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Tipis, Tapi Masih Dibawah $40

673

Harga minyak mentah naik tipis pada awal perdagangan sesi Asia Rabu (03/08), didukung oleh melemahnya dolar, namun minyak mentah berjangka AS tetap di bawah $ 40 per barel dan Brent di bawah $ 42 dengan masih berlangsungnya kelebihan pasokan bahan bakar dan perlambatan pertumbuhan ekonomi membebani pasar.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 39,77 per barel pada 0350 GMT (11:50 ET Selasa), naik 26 sen dari pemukiman terakhir mereka namun masih di bawah $ 40 penanda mereka menetap di bawah untuk pertama kalinya sejak April di sesi sebelumnya.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent berjangka minyak mentah diperdagangkan sekitar $ 42 per barel.

Analis mengatakan AS dolar yang lebih lemah, yang telah turun 2,5 persen dalam nilai terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya sejak tertinggi Juli, memberikan pasar minyak beberapa dukungan dengan membuat impor bahan bakar lebih murah bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya, berpotensi memicu permintaan.

Kenaikan harga minyak juga didukung laporan persediaan minyak mentah oleh API. Dinihari tadi setelah penutupan pasar telah dirilis data persediaan minyak mentah mingguan terbaru dari American Petroleum Institute (API) yang mencatatkan hasil penarikan dari 1.3mn barel, yang dekat dengan perkiraan konsensus, dan hasil penarikan lebih besar dari 0.8mn yang dilaporkan pekan lalu.

Tapi harga minyak akan berada di bawah tekanan dalam jangka dekat karena meningkatnya pasokan, termasuk dari Libya, minyak mentah tinggi dan persediaan produk olahan, serta prospek permintaan yang tidak pasti.

“Dalam 72 jam terakhir, ada laporan dari negosiasi yang sukses untuk membuka kembali terminal minyak yang diblokade di Timur Libya dan serangan udara AS terhadap Daesh (ISIS) di Sirte. Peningkatan ini kemungkinan dari jalan produksi jangka pendek, dari 300.000 barel per hari (bph) menjadi 600.000 bph, “kata Morgan Stanley, Rabu, meskipun menambahkan bahwa” pertumbuhan (produksi) jangka panjang masih terlihat menantang. “

“Risiko untuk minyak tetap miring ke penurunan di semester 2 tahun 2016. Pasokan gangguan dan risk appetite yang mendukung April-Juni, tetapi tekanan mendasar tumbuh, yang melebihi apapun hasil positif baru-baru ini,” kata Morgan Stanley dalam prospek pasar yang terpisah untuk klien.

Bank AS ini mengatakan prospek ekonomi global juga lemah, berpotensi memukul permintaan bahan bakar. “Kami perkirakan pertumbuhan global untuk bergerak di bawah perkiraan konsensus,” kata Morgan Stanley.

Pasar minyak telah dirundung kelebihan pasokan yang dimulai di sektor minyak mentah lebih dari dua tahun yang lalu dan yang telah menyebar ke produk olahan, meninggalkan tangki penyimpanan diisi, dan bahan bakar yang tidak terjual disimpan di kapal.

Namun, analis lain mengatakan harga baru-baru terjun yang berlebihan, dengan Citi mengatakan spekulasi tentang harga jatuh, setelah “bergerak liar di minyak pada $ 40.”

Standard Chartered Bank mengatakan “tidak ada pembenaran yang mendasar untuk harga minyak baru-baru jatuh” dan bahwa “pasar minyak global telah menyeimbangkan kembali, dan pasokan minyak mentah AS dan persediaan diperkirakan turun.”

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan oleh EIA AS yang diindikasikan terjadi penarikan persediaan. Jika terealisir akan mengangkat harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat dengan pelemahan dollar AS dan hasil penarikan persediaan minyak mentah mingguan AS oleh API. Demikian juga jika malam nanti terealisir data persediaan minyak mentah mingguan oleh EIA akan menurun, maka akan menguatkan harga minyak mentah. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 40,30 – $ 40,80, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support 39,30 – $ 38,80.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here