Bisnis Emas Antam Sedang Menurun, Saham ANTM Berusaha Kuat

513

Jelang akhir perdagangan bursa saham hari Kamis (4/8), pergerakan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) flat mengikuti pergerakan perdagangan hari sebelumnya yang ditutup flat. Sepanjang hari terjadi tarik menarik aksi profit taking investor lokal dan juga aksi beli investor asing, dimana net buy asing mencapai Rp7,6 miliar.

Namun secara teknikal  saham berpotensi naik meskipun secara fundamental kinerja bisnis perseroan sepanjang semester I-2016 terpangkas dengan turunnya produksi dan penjualan komoditas andalan ANTM. Produksi emas Antam dalam 6 bulan pertama tahun ini turun hingga 9 persen lebih menjadi 1015 kg sedang produksi feronikel turun sekitar 40 persen menjadi 8304 ton.

Antam juga melaporkan  penjualan  feronikel menurun dari 11307 ton pada semester I-2015 menjadi 8.092 ton pada semester I-2016 sedangkan penjualan emas juga turun dari 10.996 kg menjadi 5.392 kg semester I-2016.

Untuk pergerakan harga sahamnya pada lantai bursa perdagangan saham Kamis (4/8) saham ANTM dibuka pada level 830 dan turun ke 820 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level sama. Hari ini  saham banyak diburu oleh investor asing dan  volume saham yang diperdagangkan mencapai 645 ribu  lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ANTM  perdagangan sebelumnya bearish dengan indikator MA  masih  bergerak naik, namun indikator Stochastic konsolidasi di area tengahnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar dengan posisi +DI bergerak turun  yang menunjukan pergerakan ANTM dalam penguatan terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading hari ini  pada target level support di level 800 dan level resistance di 845.

Lens Hu/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here