Kekuatan Dollar Mulai Terpangkas, Rupiah Jumat Siang Masih Lemah

364

Kurs rupiah yang dibuka lebih rendah pada awal perdagangan hari Jumat (12/8) terus bergerak konsolidasi di tengah  kekuatan dollar melawan rival utamanya di pasar spot mulai terpangkas. Terpantau rupiah berada di posisi lemah dan usaha untuk rebound kuat terganjal oleh kurs BI yang diturunkan.

Pelemahan rupiah  hingga siang ini tidak menghalangi  semangat investor asing setor modalnya lebih besar lagi dari perdagangan bursa saham pagi hari, net buy investor asing  naik menjadi Rp233 miliar dari Rp10 miliar pagi tadi..  Aliran modal asing yang cukup besar masuk bursa ini masih dapat menjaga posisi IHSG yang kini naik 0,1%.

Lihat: IHSG 12 Agustus Sesi 1 Flat, Dana Asing 238 Miliar Masuk Bursa

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13116/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13113/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diturunkan  ke  13120  dari  posisi 13113 perdagangan hari Kamis  (11/08),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13186  setelah perdagangan sebelumnya 13179.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  masih berpotensi lemah hingga akhir perdagangan  oleh penguatan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13125 dan  resistance di 13106.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here