Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Naik 2 Persen; Mingguan Melonjak 6 Persen

447

Harga minyak mentah naik pada akhir perdagangan akhir pekan pada Sabtu dinihari, sehari setelah kenaikan terbesar dalam sebulan, terdukung pelemahan dolar AS.

Dolar AS melemah setelah data penjualan ritel AS menunjukkan penjualan yang datar untuk Juli, terhadap ekspektasi kenaikan moderat. Sebuah pelemahan dollar AS membuat minyak mentah dalam denominasi dolar lebih terjangkau bagi pemegang mata uang lainnya.

Lihat : Penjualan Ritel AS Juli Melemah Tajam

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir naik di $ 44,49 per barel, naik $ 1, atau 2,3 persen – membukukan kenaikan tiga minggu tertinggi. Untuk pekan ini melonjak 6,44 persen, sebagian besar terdukung rencana pertemuan OPEC untuk menstabilkan harga minyak mentah.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent naik 87 sen, atau 1,87 persen, ke $ 46,90 per barel. Itu naik sekitar 5,7 persen pada pekan ini.

Harga kedua patokan naik lebih dari 4 persen pada Kamis setelah Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan bahwa produsen minyak akan membahas kemungkinan tindakan untuk menstabilkan harga minyak selama pertemuan bulan depan di Aljazair.

Prospek yang diterbitkan oleh Badan Energi Internasional (IEA) yang mengatakan pihaknya memperkirakan keseimbangan permintaan dan penawaran untuk diperketat menuju akhir tahun juga mendukung harga.

Sementara itu, Baker Hughes melaporkan bahwa kilang minyak mentah AS naik 15 minggu ini, dan sekarang total 396. Kali ini tahun lalu, ada 672 kilang minyak dalam produksi, kata Baker Hughes. Hasil ini menahan harga minyak naik lebih jauh setelah data menunjukkan minggu ketujuh berturut-turut pertambahna kilang minyak.

Para pedagang mengatakan penurunan dari 8,1 persen dalam produksi minyak Tiongkok pada bulan Juli, ke level terendah lima tahun dari 16.720.000 ton, juga mengangkat harga karena itu berarti perekonomian terbesar di Asia harus mengimpor lebih banyak minyak mentah.

Namun, permintaan minyak Tiongkok turun 0,1 persen dari tahun lalu ke 10.110.000 barel per hari, terendah sejak Agustus 2014.

Meskipun produksi jatuh di Tiongkok sebagai konsumen energi terbesar di dunia, namun pasar mixed dengan ekspor produk olahan yang meningkat.

Harga minyak masih lebih dari 12 persen di bawah puncaknya terakhir mereka pada bulan Juni, dengan tangki penyimpanan penuh dan produksi yang melebihi konsumsi di pasar.

Iran memangkas harga jual September resminya untuk minyak mentah light ke Asia dengan $ 1,30 per barel, tanda terbaru bahwa eksportir bersedia menerima diskon sebagai imbalan untuk pangsa pasar.

Bernstein AS mengatakan produksi minyak dunia naik hampir 0,8 juta barel per hari (bph) pada Juli dari bulan sebelumnya, untuk 97.010.000 barel per hari, sedangkan persediaan komersial meningkat sebesar 5,7 juta barel menjadi 3,09 miliar barel pada bulan Juni.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi menguat terbantu pelemahan dollar AS juga dengan sentimen perkiraan pengetatan produksi IEA dan prospek pemotongan produksi OPEC. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 45,00 – $ 45,50, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 44,00 – $ 43,50.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here