Habis Libur Kemerdekaan Rupiah Kamis Pagi Semakin Kuat

542

Disaat pasar valas Indonesia libur merayakan hari kemerdekaan, nilai kurs rupiah pada pasar spot global anjlok parah oleh kuatnya dollar AS. Namun membuka perdagangan sesi Asia hari Kamis (18/8) rupiah bangkit kembali namun masih lebih rendah dari perdagangan sehari sebelum libur. Terpantau dollar AS sedang bergerak lemah terhadap semua rival-rivalnya.

Kekuatan  rupiah  Kamis pagi menambah semangat investor asing kembali setor modalnya lebih besar dengan net buy investor asing  mencapai Rp310 miliar.  Aliran modal asing yang  cukup besar masuk bursa ini membuat IHSG rally hingga naik 1%.

Lihat: IHSG 18 Agustus Dibuka Mantap Terdukung Penguatan Rupiah dan Prospek Ekonomi

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,32% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13105/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13115/US$.  Namun untuk  kurs referensi Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   dilemahkan   ke  13114  dari  posisi 13098 perdagangan hari Selasa (16/08).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  masih berpotensi kuat hingga akhir perdagangan  oleh pelemahan dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13122 dan  resistance di 13098.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here