Saham Samsung Melonjak Capai Rekor Tertinggi, Lewati Keuntungan Apple

759

Saham Samsung Electronics Co melonjak ke posisi tertinggi baru, dimana perusahaan Korea Selatan ini terus memperpanjang kenaikan beruntunnya, menghadapi permintaan lesu smartphone global dan persaingan semakin keras dari saingan Tiongkok.

Keberhasilan terbaru ponsel flagship Galaxy Korea Selatan ini telah memicu reli 30 persen tahun ini, melampaui keuntungan sekitar 4 persen dari Apple Inc. Kenaikan yang telah dipegang teguh bahkan sat Apple mempersiapkan untuk memperkenalkan iPhone baru, salah satu highlights dari kalender industri. Saham perusahaan Korea Selatan ini ditutup 4,7 persen lebih tinggi pada rekor ₩ 1.640.000.

Samsung telah mulai cemerlang dari rivalnya dari AS dalam segala hal dari kinerja pertumbuhan pasar top-line. Perusahaan terbesar Korea Selatan ini melaporkan laba kuartal kedua yang melampaui proyeksi, didukung oleh penjualan yang kuat dari Galaxy S7 dan pemotongan biaya agresif. Ini diuntungkan dari penjualan lesu iPhone AS yang mempromosikan Galaxy kepada konsumen high-end, membantu mengurangi biaya pemasaran.

Itu mungkin bisa berubah setelah gadget terbaru Apple memasuki rak toko, sebuah acara yang di masa lalu menyerap permintaan konsumen. Namun Samsung Note 7 plus yang berukuran telepon, yang baru saja dirilis bulan ini, telah menerima review awal yang kuat.

“Notes 7 diperkirakan menjual lebih banyak dari pendahulunya dan Samsung akan mampu menjaga semangat yang hidup setidaknya sampai awal tahun depan, karena iPhone yang akan datang tidak akan mungkin menawarkan kejutan besar kali ini,” kata Lee Jae Yun, analis di Yuanta Securities Co Lee mengatakan ia mungkin menaikkan target harga nya di Samsung dari saat ini ₩ 1.700.000.

Samsung telah membuat kemajuan bahkan saat pasar smartphone menghadapi tahun paling lambat dalam pertumbuhannya sejak debut iPhone pada tahun 2007. Pengiriman Smartphone berada di jalur untuk naik 3,1 persen tahun ini, dibandingkan dengan 11 persen pada 2015 dan 28 persen pada 2014, menurut IDC.

Perusahaan Korea Selatan ini juga telah ditarik keluar dari peringkat atas di Tiongkok, pasar ponsel terbesar di dunia. Samsung telah menyerahkan posisi No 1 di sana dan telah diputus dari lima pembuat handset kelas atas. Apple telah bernasib sedikit lebih baik, jatuh ke No 5 di belakang Huawei Technologies Inc, Oppo dan saingan domestik lainnya, menurut Strategy Analytics.

Namun secara global, Samsung memiliki manfaat bisnis komponen besar itu dalam penyediaan chip memori dan tampilan untuk komputer pribadi dan smartphone – termasuk yang dibuat oleh rekan-rekan Tiongkok. Harga untuk komponen juga naik meskipun pertumbuhan ekonomi yang lamban di seluruh dunia, sebagian karena bergerak ke arah display generasi OLED. Investasi besar-besaran Samsung di organic light-emitting diode screens, diharapkan menjadi standar dalam tahun-tahun mendatang.

Samsung saat ini juga mempelajari pasar baru seperti otomotif. Samsung dalam pembicaraan lanjutan untuk membeli beberapa atau semua bagian operasi pembuat mobil Magneti Marelli dari Fiat Chrysler Automobiles NV, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here