Pertumbuhan Manufaktur AS Bulan Agustus Merosot

667

Indeks manufaktur Markit PMI flash AS turun ke 52,1 untuk Agustus dari akhir 52,9 pada bulan Juli dan dibandingkan dengan ekspektasi 52,8. Meningkatnya ekspor mengurangi kekhawatiran bahwa dolar yang kuat menggerogoti perdagangan luar negeri.

Indeks produksi tetap kuat dengan percepatan jauh lebih kecil dari tingkat Juli untuk kenaikan sembilan bulan dengan bukti yang menunjukkan peluncuran produk baru dan kuatnya permintaan mendorong pertumbuhan produksi.

united-states-manufacturing-pmi (1)

Ada perlambatan pertumbuhan pesanan untuk bulanan dengan kondisi domestik tenang karena sebagian ketidakpastian seputar pemilihan Presiden, meskipun pesanan ekspor menguat ke level tertinggi selama 23 bulan. Ada sikap hati-hati terkait persediaan sehubungan persediaan menurun pada bulan.

Meskipun kerja naik untuk bulanan, hasil itu merupakan paling lemah ekspansi selama empat bulan dengan efisiensi membatasi pertumbuhan pekerjaan secara keseluruhan.

Harga input naik untuk bulan, tapi tingkat paling lambat dari kenaikan selama lima bulan, sementara harga produksi tidak berubah setelah tiga bulan berturut-turut meningkat.

Data secara keseluruhan menunjukkan pertumbuhan yang solid di bidang manufaktur, tetapi optimisme prospek masa depan akan tenang dalam pesanan.

Dari perspektif Federal Reserve, tidak ada bukti peningkatan tekanan inflasi, tetapi akan ada bantuan selama pertumbuhan ekspor, yang menunjukkan bahwa pelemahan dolar menahan untuk kenaikan suku bunga. Ekspor yang lebih tinggi juga akan membantu mendukung pertumbuhan PDB selama beberapa bulan ke depan.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here