Preview: Initial Jobless Claims AS

535

Pada awal minggu ini wakil kepala Federal Reserve Stanley Fischer berkata bahwa data ekonomi sedang bergerak mendekati target dari bank sentral untuk inflasi dan pertumbuhan pekerjaan. Dia mengatakan,”Employment telah bertambah secara impresif selama enam tahun yang lalu sejak titik terendahnya di awal tahun 2010, dan tingkat pengangguran telah bertengger dekat 5% sejak bulan Agustus tahun lalu, mendekati ke perkiraan yang paling besar dari tingkat employment penuh dari suatu pengangguran”.

Klaim pengangguran pada malam hari ini akan memberikan data segar untuk menilai analisa yang menggembirakan dari Fischer. Para ekonom mengharapkan semangat yang berikutnya dalam mempertahankan tren yang bagus dari indikator terdepan dalam sejarah belakangan ini.

Perkiraan konsensus dari Briefing.com memproyeksikan pengajuan baru untuk tunjangan pengangguran akan naik sebanyak 3000 menjadi 262.000 selama seminggu sampai tanggal 20 Agustus. Tetapi ini tetap dekat dengan angka yang terendah di 248.000 yang terjadi pada awal tahun ini.

Jika perkiraan ini benar, dan sepertinya tidak ada alasan untuk berpikir tidak, outlook Fischer yang bagus akan menarik lebih banyak dukungan statistik. Jika demikian, berita ini akan memberikan dasar untuk memperkirakan suatu laporan yang “bullish” mengenai ekonomi ketika gubernur Fed Janet Yellen berbicara besok di simposium bank sentral di Jackson Hole, Wyoming.

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here