Rupiah Kamis Sore Akhirnya Kuat Lawan Dollar dan Untungkan Bursa

509

Mengakhiri perdagangan valas antar bank di Indonesia dan juga di tengah   pasar spot  sesi Eropa (25/8), rupiah berhasil rebound meski kurs referensi dalam pelemahan. Pergerakan rupiah di pasar spot bergerak kuat mengambil pijakan kuat dari pelemahan dollar AS sejak sesi Asia terhadap beberapa rival utamanya.

Bergerak positifnya rupiah jelang akhir perdagangan bursa menambah setoran  modal investor asing  pada bursa saham Indonesia  dengan  net buy Rp685 miliar.  Besarnya aliran masuk modal asing ke bursa menjadi sentimen kuat  bagi laju   IHSG yang  ditutup menguat  0,8%.

Lihat: 8 Saham Unggulan Yang Gagal Rugikan IHSG 25 Agustus

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore ini bergerak positif dengan pos0si penguatan 0,08% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp1326442/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13254/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini dilemahkan   ke  13267  dari  posisi 13252 perdagangan hari Rabu (24/08),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13333  setelah perdagangan sebelumnya 13318.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif jika data ekonomi AS malam ini memangkas  kekuatan  dollar AS hingga akhir perdagangan esok pagi.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here