Rupiah Jumat Siang Bergerak Kuat Kalahkan Dollar AS

581

Kurs rupiah yang dibuka lebih rendah pada awal perdagangan hari Kamis (25/8)  masih bergerak negatif namun tidak mempengaruhi optimisme investor asing investasi saham di bursa lokal. Lemahnya rupiah masih dipicu oleh penurunan kurs referensi yang BI lakukan di tengah pelemahan dollar AS terhadap rivalnya.

Menurunnya kekuatan rupiah hingga siang  tidak membuat investor asing menahan aliran modalnya ke  bursa saham Indonesia dengan  net buy Rp450 miliar.  Aksi membeli saham-saham unggulan investor asing tersebut menambah kekuatan  IHSG yang  sekarang menguat 0,4%.

Lihat: IHSG 26 Agustus Sesi 1 Turun, Namun Raih 70 Miliar Dana Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,14% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13224/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13236/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke  13242  dari  posisi 13267 perdagangan hari Kamis (25/08), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13308  setelah perdagangan sebelumnya 13333.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat pada akhir perdagangan  oleh momentum pelemahan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13251 dan  resistance di 13221.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here