Harga Kopi Arabica Akhir Pekan Naik, Dorong Kenaikan Mingguan 2 Persen

614

Harga kopi arabika ICE naik di akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dini hari (27/08), terpicu gangguan panen kopi di Brazil.

Kopi arabika berjangka naik karena panen di produsen top Brasil buruk dan fokus beralih ke panen tanaman tahun depan.

Dealer juga mengatakan ada kekhawatiran, bahwa hujan dapat menyebabkan bunga awal panen tahun depan yang memiliki potensi untuk menekan hasil.

Ada juga potensi pengetatan tahun depan karena merupakan siklus penurunan tanaman dua tahunan Brazil.

Lihat : Harga Kopi Arabica Naik Terpicu Kekuatiran Gangguan Tanaman

Harga kopi arabika berjangka di penutupan perdagangan Sabtu dini hari mengalami penguatan. Harga kopi arabika berjangka bulan Desember 2016 naik sebesar 0,40 dollar atau setara dengan 0,28 persen dan ditutup pada posisi 1.4485 dollar per pon.

Hasil positif akhir pekan ini semakin menguatkan harga kopi arabica selama pekan lalu yang membukukan hasil positif 2,30 persen, sebagian besar terpicu kekuatiran cuaca buruk di Brazil yang dapat mengurangi produksi kopi arabica.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kopi arabica berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi lemah dengan potensi penguatan dollar AS dengan menguatnya harapan kenaikan suku bunga AS.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Support di posisi 1,4200 dollar dan 1,3900 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan dihadapi jika terjadi kenaikan ada pada posisi 1,4800 dollar dan 1,5100 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here