Rupiah Selasa Pagi Rebound Meski Dollar Sedang Kuat

481

Meskipun perdagangan awal pekan rupiah tidak mampu menguat melawan tekanan dollar AS yang sedang melemah terhadap banyak rival utamanya, masuki perdagangan sesi Asia (30/8) berhasil rebound dan kini bergerak positif. Penguatan rupiah Selasa pagi mendapat dukungan dari intervensi BI perkuat kurs referensinya.

Penguatan rupiah pagi ini tidak berhasil mempengaruhi investor asing untuk memperkuat bursa saham yang sempat menguat diawal perdagangan, dimana dana asing sudah banyak keluar dengan net sell Rp363 miliar.  Aksi investor asing pagi ini  memberikan tekanan bagi   IHSG sehingga melemah 0,5%.

Lihat: IHSG 30 Agustus Bergerak Naik Terdukung Penguatan Wall Street dan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,03% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13263/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13249/US$.  Demikian juga kurs referensi Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah   ke  13260  dari  posisi 13275 perdagangan hari Jumat (26/08).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  masih berpotensi lemah hingga akhir perdagangan  oleh kuatnya fundamental dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13272 dan  resistance di 13228.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here