BI Turut Melemahkan Kurs Rupiah Rabu Pagi

507

Nilai kurs rupiah masuki perdagangan sesi Asia hari Rabu (31/8) di pasar spot masih alami tekanan yang cukup besar dari dollar AS sehingga membuatnya melemah dalam 2 hari berturut pekan ini. Selain mendapat tekanan dari dollar, pelemahan rupiah juga mendapat sumbangan dari pelemahan yang dilakukan BI terhadap kurs referensi perdagangan antar bank di tanah air.

Lemahnya rupiah pagi ini membuat aksi profit taking yang dilakukan investor asing di bursa saham Indonesia kembali berlanjut, dimana dana asing yang keluar dengan net sell Rp15 miliar.  Namun aksi investor asing pagi ini  tidak dapat menghalangi laju IHSG yang mendapat support dari investor lokal dengan penguatan  0,2%.

Lihat: IHSG 31 Agustus Bergerak Naik Terbantu Bargain Hunting

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,14% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13286/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13286/US$.  Demikian juga kurs referensi Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperlemah   ke  13300  dari  posisi 13260 perdagangan hari Selasa (30/08).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  masih berpotensi lemah hingga akhir perdagangan  oleh kuatnya fundamental dollar, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13312 dan  resistance di 13249.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here