Karena Pelemahan Rupiah Kamis, 741 Miliar Kabur dari Bursa

453

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (31/8) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas antar bank di Indonesia, rupiah masih tertekan oleh kekuatan dollar AS yang sedang mendominasi perdagangan valas dunia.  Sepanjang hari rupiah juga bergerak  negatif seiring tekanan yang dilakukan BI terhadap kurs referensinya.

Menurunnya kekuatan rupiah hingga akhir perdagangan bursa saham sore ini meyakinkan investor  asing dalam aksi jual yang cukup besar terhadap saham-saham  unggulan dengan  net sell Rp741 miliar.  Namun aksi jual saham oleh investor asing tersebut tidak dapat menghadang  kekuatan  IHSG yang diterima dari investor lokal hingga menguat  0,4%.

Lihat: 8 Saham Unggulan Yang Berusaha Jatuhkan IHSG Rabu

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,02% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13286/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13286/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  kembali diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah   ke  13300  dari  posisi 13260 perdagangan hari Selasa (30/08), sedangkan kurs transaksi antar bank melemah ke posisi 13367  setelah perdagangan sebelumnya 13326.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif jika data ekonomi AS malam ini memangkas  kekuatan  dollar AS hingga akhir perdagangan esok pagi.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here