Optimisme Konsumen Inggris Raya Masih Kedua Terendah Sejak 2014

546

Optimisme konsumen Inggris Raya pada bulan Agustus sedikit pulih dari kemerosotan pasca-Brexit, demikian survei menunjukkan pada hari Rabu (31/08), tanda terbaru bahwa konsumen mulai menyesuaikan diri dengan keputusan untuk meninggalkan Uni Eropa.

Perusahaan riset pasar GfK mengatakan indeks kepercayaan konsumen naik menjadi -7 pada bulan Agustus dari -12 pada bulan Juli, ketika mengalami penurunan tertajam dalam lebih dari 26 tahun. Tapi tingkat Agustus itu masih kedua terendah sejak awal 2014.

united-kingdom-consumer-confidence (1)

Peningkatan ini sesuai dengan data terakhir menunjukkan konsumen tetap kuat setelah referendum 23 Juni, meskipun ada beberapa indikasi bahwa mereka lebih enggan untuk melakukan pembelian besar dari sebelumnya referendum.

Indeks GfK yang mengukur pembelian besar naik menjadi 7 dari -2 di bulan Juli.

Survei ini dilakukan antara 1 hingga 16 Agustus, setelah Theresa May mengambil alih sebagai perdana menteri. Hal ini juga meliputi periode setelah Bank of England memangkas suku bunga pada 4 Agustus sebagai bagian dari paket stimulus yang agresif.

Peningkatan kepercayaan didorong oleh kabar baik dari data kombinasi suku bunga rendah sepanjang sejarah sesuai dengan penurunan harga dan tingkat kerja yang tinggi, demikian pernyataan Joe Staton, kepala dinamika pasar di GfK.

Harapan untuk situasi ekonomi secara umum selama 12 bulan ke depan meningkat menjadi -22 dari -33 pada bulan Juli tetapi tetap turun dari 3 tahun lalu.

Inggris belum memicu pembicaraan keluar formal dan untuk memulai negosiasi formal pada hubungan baru dengan Uni Eropa, sesuatu yang hanya mungkin diselesaikan pada tahun 2019 atau lebih lambat lagi.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here