Tingkat Pengangguran Zona Eropa Juli Stabil

607

Tingkat pengangguran zona euro bulan Juli tidak berubah pada 10,1% dan sedikit di atas perkiraan konsensus tingkat 10,0%, meskipun ini masih tingkat terendah sejak Juli 2011. ECB akan lebih agresif dalam menyerukan reformasi struktural.

Variasi besar terjadi di masing-masing negara dengan tingkat Jerman di 4,3%, sementara tingkat pengangguran Yunani berada di 23,5% dan Spanyol pada 19,6%.

Tidak ada perubahan dalam tingkat pengangguran kaum muda, yang diadakan di 21,1% untuk bulan keempat berturut-turut dengan kenaikan pengangguran kaum muda Italia untuk 39,2% dari 37,3% sebelumnya. Tingkat Yunani terbaru hanya lebih dari 50%, meskipun ada penurunan menjadi 43,9% di Spanyol dari 45,2% sebelumnya.

Indeks PMI zona euro terbaru terus menunjukkan peningkatan lapangan kerja, meskipun tingkat kenaikan melambat ke level terendah tiga bulan. Akan ada kekhawatiran bahwa yang mendasari momentum keuntungan kerja akan terus memperlambat dengan perusahaan bersedia untuk memperluas pekerjaan jika harga jual terus menurun di tengah tekanan untuk meningkatkan produktivitas karyawan yang ada.

Data terakhir juga mencatat penurunan kepercayaan bisnis dalam survei Komisi Eropa terbaru, yang akan meningkatkan kekhawatiran bahwa momentum memudar meskipun dampak langsung dari hasil referendum UK tampaknya telah sangat terbatas.

Akan ada kekhawatiran struktural seputar ekonomi zona euro. Meskipun pokok fokus ECB jangka pendek akan pada inflasi, bank sentral akan semakin vokal dalam upaya untuk reformasi struktural dan stimulus fiskal dengan eskalasi pada pertemuan Dewan Gubernur pekan depan.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here