Preview: NFP AS Bulan Agustus

674

Setelah laporan yang lemah di bulan Mei, laporan bulan Juni dan Juli relatif kuat. Bulan Juni pekerjaan bertambah 292.000 dan bulan Juli 255.000 – keduanya dekat dengan top range dari yang terlihat selama lima tahun lalu.

Setelah dua bulan diatas rata-rata, diperkirakan akan ada revisi sedikit turun dan ini bukanlah suatu kabar buruk.

Konsensus memperkirakan pekerjaan akan bertambah sebanyak 180.000 di bulan Agustus. Laporan employment nasional dari ADP yang dirilis kemarin malam menunjukkan penambahan bulanan sebanyak 177.000, tetapi korelasi antara ADP dengan laporan resminya sering lemah jika dibandingkna secara bulanan.

Jika sejarah bisa jadi petunjuk, laporan ADP sering kurang volatil dan lebih “benar”, tetapi investor cenderung trading berdasarkan laporan resmi yang dirilis pada malam hari ini.

Penambahan payroll diperkirakan harus cukup tinggi untuk Federal Reserve mempertimbangkan menaikkan tingkat bunga secepatnya pada tanggal 21 September. Angka kunci yang harus diperhatikan adalah upah rata-rata per jam, yang di bulan Juli bertambah sebanyak 2.65% dari tahun lalu, pertumbuhan yang tertinggi sejak tahun 2009.

Dilihat dari gambaran yang lebih besar, perubahan payroll dari tahun yang lalu adalah bagus. Kurang volatil dibandingkan dengan perubahan bulanan dan membuat tren lebih mudah untuk didapatkan. Di tahun delapan puluh dan sembilan puluhan kita menemukan periode mendatar ketika tingkat pertumbuhan berada antara dua dan empat juta. Pertumbuhan pekerjaan tetap tinggi dan tidak pernah bahkan sampai mendekati Nol.

Pemulihan setelah ledakan dotcom adalah berbeda – setelah pemulihan awal tingkat pertumbuhan tidak stabil kedalam suatu range tertentu, tetapi berbalik sangat rendah dengan krisis keuangan dimulai.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here