Kekuatan Rupiah Senin Sumbang 435 Miliar ke Bursa Saham

663

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (2/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas antar bank di Indonesia, rupiah  bergerak sangat kuat  pada kisaran 13100 yang disebabkan oleh pelemahan dollar AS terhadap banyak rivalnya termasuk kurs kawasan Asia.

Semakin kuatnya rupiah hingga akhir perdagangan bursa saham sore ini memberikan dorongan asing menambah modalnya di bursa saham dengan net buy Rp435 miliar.  Dan aksi beli saham oleh investor asing tersebut ikut menyumbang tenaga bagi penguatan  IHSG awal pekan  hingga 0,1%.

Lihat: Hanya 14 Saham Unggulan Yang Bantu Penguatan IHSG Senin

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,70% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13150/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13223/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  kembali diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat   ke  13197  dari  posisi 13261 perdagangan hari Jumat (2/9),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13263  setelah perdagangan sebelumnya 13327.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari   diperkirakan  dibuka positif jika data ekonomi AS malam ini memangkas  kekuatan  dollar AS hingga akhir perdagangan esok pagi.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here