Preview: Service Purchasing Manager Index Eropa Bulan Agustus

659

Markit malam hari ini merilis data Purchasing Manager Index (PMI) sektor jasa Eropa. Perkiraan konsensus untuk PMI sektor jasa Eropa akan mengalami sedikit kenaikan di bulan Agustus menjadi 53.1.

PMI jasa Eropa telah terus naik sejak menyentuh dasar pada bulan Juni, dan sedang naik menuju level yang terjadi sebelum referendum Brexit. Sementara angka area Euro adalah yang paling penting secara ekonomi, secara trading Itali dan Inggris akan menjadi yang paling menarik untuk diperhatikan.

PMI manufaktur Itali jauh lebih buruk daripada yang diperkirakan dan terbenam dibawah 50, yang menandai terjadi suatu kontraksi. Kemungkinan sebagian kelemahan juga masuk ke ekonomi sektor jasa, jadi penurunan kecil yang diperkirakan mungkin tidak cukup.

Krisis perbankan Itali dan referendum konstitusi yang mendekat telah menaikkan resiko politik dan outlook sektor jasa bisa terpengaruhi.

Inggris mengalami rilis data yang lebih baik daripada yang diperkirakan setelah referendum Brexit. PMI Manufaktur melampaui yang diekspektasikan, tetapi sementara GBP yang melemah jelas membantu sektor manufaktur, efek dari melemahnya matauang GBP kemungkinan besar negatif bagi sektor jasa.

Investor cenderung memperkirakan kenaikan menjadi 50 dari bulan Juli 47.4 dan sebelum referendum indeks berada diata 52 – jadi perbaikan dari Indeks PMI sektor jasa Eropa di bulan Agustus bukanlah sesuatu yang tidak realistik.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here