Airbnb Menawarkan “Bleisure”, Layanan Bisnis dan Wisata

550

Airbnb secara agresif memasuki pasar perjalanan bisnis dan baru-baru ini terintegrasi dengan sistem manajemen utama, seperti American Express Global Business Travel dan BCD Travel.

Menurut perusahaan, perjalanan bisnis di situsnya telah tumbuh tiga kali lipat sejak Juli lalu.

Sementara sebagian besar pengguna Airbnb saat ini menggunakan platform ini untuk liburan, namun baru-baru ini muncul dorongan memasuki perjalanan bisnis perusahaan, ketika pendirinya mulai mengajak perusahaan peserta konferensi di San Francisco memilih untuk alternatif yang lebih murah dibandingkan hotel mahal.

“Pelancong bisnis ingin kenyamanan, di mana mereka bisa mendapatkan Wi-Fi yang baik, papan setrika dan pengering rambut … hal yang dierima di akomodasi tradisional,” Julian Persaud, Direktur Regional Airbnb untuk APAC mengatakan kepada CNBC.

Beberapa daftar yang kini ditetapkan sebagai kesiapan bisnis-perjalanan, yang membutuhkan rumah yang tidak memiliki hewan peliharaan dan tidak membolehkan merokok.

Perusahaan mengatakan penghematan yang diperoleh dengan menyewa rumah lebih dari hotel tradisional berkisar antara 20 sampai 30 persen.

Airbnb mengatakan sekarang melihat sekitar 14.000 perusahaan baru mendaftar setiap minggu untuk jasa perjalanan bisnis dan perusahaan raksasa sharing rumah ini sudah digunakan di perjalanan bisnis oleh perusahaan-perusahaan seperti Google dan Morgan Stanley.

Pergeseran ini didorong terutama oleh karyawan muda. “Khususnya, karyawan millennial memiliki harapan yang lebih tinggi dari bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka dan ingin pindah dari metode tradisional,” kata Persaud.

Saat ini, rata-rata wisatawan Airbnb tetap di properti selama rata-rata enam hari, yang berarti perjalanan akan diperpanjang menjadi akhir pekan, menawarkan waktu tamu untuk menjelajahi lingkungan lokal pada waktu pribadi mereka.

Menggabungkan bisnis dan wisata, atau perjalanan “bleisure”, sedang decermati ketat oleh industri perjalanan.

Menurut laporan 2014 oleh BridgeStreet Global Hospitality, 60 persen wisatawan melaporkan telah mengambil perjalanan “bleisure”, menambahkan satu atau dua hari untuk perjalanan bisnis yang ada.

Itu bisa menjadi kabar baik bagi Airbnb, yang cenderung menawarkan pengalaman yang lebih bersifat lokal.Tapi tidak semua orang akan segera menyambut ide menyewa rumah selama perjalanan terkait dengan pekerjaan.

Apakah bisnis elit yang biasanya lebih memilih loyalitas untuk mendapatkan poin yang dapat digunakan untuk penggunaan pribadi, akan menyambut penyewaan rumah seperti ini, masih harus dilihat.

Sementara itu, durasi rata-rata untuk perjalanan bisnis di Airbnb adalah jauh lebih tinggi daripada durasi perjalanan bisnis rata-rata tiga hari, menurut sebuah studi oleh Travel Leaders Corporate.

Sebagai bisnis Airbnb berkembang, perusahaan yang sekarang bernilai $ 30 miliar ini, masih bergulat dengan tantangan regulasi bagaimana menangani penyewaan jangka pendek.

Sementara perusahaan mengatakan itu memberikan dampak ekonomi yang positif, terutama untuk wisatawan yang tinggal di lingkungan lokal, kritikus berpendapat bahwa tamu sementara yang tidak diinginkan di beberapa bangunan atau lingkungan dan penghasilan tambahan beberapa host yang produktif pada akhirnya menaikkan biaya real estate.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here