Dollar AS Sesi Asia Sangat Kuat Menekan Rupiah Rabu Siang

569

Pergerakan nilai tukar rupiah hingga akhir perdagangan pasar spot sesi Asia hari Rabu  (14/9) masih  lemah  terhadap dollar AS. Kuatnya fundamental dollar AS oleh harapan kenaikan Fed rate menekan semua kurs emerging market, karenanya juga BI  lemahkan kurs  referensi nya.

Lemahnya rupiah hingga siang ini  membuat investor asing semakin menambah tarikan modalnya dari   bursa saham hingga  mencetak net sell Rp552 miliar.  Aksi jual saham asing ini memberikan tekanan  kuat   bagi laju IHSG yang melemah  1,5%.

Lihat: IHSG 14 September Sesi 1 Tertekan Profit Taking Investor Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,43% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13224/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13170/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini   diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah  ke  13228  dari  posisi 13151 perdagangan hari Selasa (13/9),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13294  setelah perdagangan sebelumnya 13217.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat pada akhir perdagangan  oleh momentum pelemahan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13243 dan  resistance di 13170.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here