Harga Impor AS Agustus Retreat Setelah Naik 5 Bulan Berturut

680

Harga impor AS turun untuk pertama kalinya dalam enam bulan pada bulan Agustus terganjal pelemahan biaya minyak bumi dan makanan, tetapi tren penurunan melambat karena harga minyak stabil dan reli dolar memudar.

Namun, laporan hari Rabu dari Departemen Tenaga Kerja AS yang memperkirakan prospek inflasi jangka dekat akan tetap lembut, memperkuat argumen untuk Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga stabil minggu depan.

Harga impor tergelincir 0,2 persen bulan lalu setelah naik 0,1 persen di bulan Juli. Penurunan Agustus adalah yang pertama sejak Februari dan dipimpin oleh penurunan 2,8 persen pada harga minyak bumi. Harga minyak impor turun 3,6 persen pada Juli.

united-states-import-prices

Dalam 12 bulan hingga Agustus, harga impor turun 2,2 persen, penurunan terkecil sejak Oktober 2014, setelah turun 3,7 persen pada bulan Juli.

Pembacaan inflasi yang lemah Agustus ini membuat pertumbuhan pekerjaan lebih lambat, survei sektor manufaktur dan jasa lemah mengurangi kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan kebijakan 20-21 September The Fed.

Bank sentral AS mengangkat suku bunga overnight acuan pada akhir tahun lalu untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, telah mempertahankan stabil sejak kekhawatiran atas inflasi yang masih rendah.

Harga impor telah dibatasi oleh kekuatan dolar dan minyak murah. Bahwa inflasi, bersama-sama dengan lambannya kenaikan penghasilan, telah meninggalkan terus-menerus berjalan di bawah target 2 persen Fed. Tapi rally dolar tampaknya telah mencapai puncaknya pada awal tahun ini dan harga minyak telah mendorong dari posisi terendah multi-dekade.

Harga impor tidak termasuk minyak bumi tidak berubah pada bulan Agustus setelah naik 0,5 persen di bulan Juli. turun 0,9 persen dalam 12 bulan mereka sampai Agustus, sebagai penurunan terkecil tahun-ke-tahun sejak Desember 2014.

Bangsa ini terus mengimpor deflasi dari Cina, dengan biaya barang impor dari negara itu jatuh 0,2 persen bulan lalu. Harga impor Cina belum mencatat kenaikan bulanan sejak Desember 2014.

Penurunan Agustus ini dipimpin oleh penurunan 1,0 persen dalam harga peralatan komunikasi yang diimpor. Ada juga menurun dalam biaya barang impor dari Kanada, Uni Eropa dan Meksiko. Biaya impor dari Jepang, bagaimanapun, naik 0,3 persen, kenaikan terbesar sejak Agustus 2011.

Secara keseluruhan harga barang modal yang diimpor tidak berubah bulan lalu, sedangkan biaya mobil impor turun 0,2 persen. Harga impor barang-barang konsumen termasuk mobil tergelincir 0,1 persen dan biaya makanan impor menurun 0,5 persen bulan lalu.

Laporan ini juga menunjukkan harga ekspor turun 0,8 persen pada Agustus. Itu adalah penurunan terbesar sejak Januari dan diikuti peningkatan 0,2 persen bulan sebelumnya. Harga ekspor turun 2,4 persen dari tahun lalu.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here