Harga Minyak Mentah Naik 2 Persen Terdukung Penurunan Persediaan

910

Harga minyak naik sekitar 2 persen pada akhir perdagangan Jumat dinihari, reli untuk hari kedua, didukung penurunan persediaan minyak mentah AS.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate naik 95 sen, atau 2,1 persen, pada $ 46,29 per barel. Secara mingguan, WTI naik sekitar 8 persen untuk kemajuan mingguan terbesar dalam sebulan.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 80 sen, atau 1,71 persen, ke $ 47,63 per barel.

Minyak telah rally sejak laporan Rabu oleh Administrasi Informasi Energi (EIA) AS bahwa persediaan minyak mentah turun 6,2 juta barel pekan lalu, dibandingkan ekspektasi pasar untuk peningkatan 3,4 juta barel. Persediaan minyak mentah AS telah turun tak terduga 21 juta barel bulan ini sejauh ini.

Minyak mendapat kenaikan tambahan dari penurunan dolar AS ke level terendah terhadap yen dalam empat minggu setelah Federal Reserve AS mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah dan mengisyaratkan suku  bunga mungkin meningkat lebih lambat daripada sebelumnya diharapkan.

Melemahnya dolar membuat impor energi yang lebih murah untuk negara-negara yang bergantung dengan minyak, sementara suku bunga AS rendah berarti kredit akan tetap lebih mudah didapat.

Meski demikian, layanan pemantauan energi Genscape melaporkan pada hari Kamis terdapat peningkatan sekitar 213.000 barel di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma untuk minyak mentah berjangka WTI untuk pekan yang berakhir 20 September, kata para pedagang.

Persediaan Cushing merupakan komponen penting dari jumlah persediaan AS. Laporan Genscape, datang di atas peningkatan dari 526.000 barel di Cushing dilaporkan oleh EIA untuk pekan yang berakhir 16 September menunjukkan bahwa jumlah persediaan AS mungkin mulai mendaki lagi segera.

Penarikan minyak mentah AS kontras dengan berita bahwa produksi minyak Rusia telah mencapai rekor tinggi baru di atas 11 juta barel per hari. Libya juga kembali melakukan ekspor minggu ini dengan kargo minyak pertama sejak setidaknya 2014 dari pelabuhan Ras Lanuf. Minyak mentah Forcados Nigeria dimulai kembali pada akhir September, untuk pertama kalinya sejak Februari.

Beberapa analis memperkirakan minyak naik sebelum pembicaraan 26-28 September di Aljazair antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan anggota non-OPEC untuk membahas cara-cara untuk menstabilkan pasar minyak, termasuk pembekuan potensi produksi, yang sudah di, atau dekat rekor tertinggi di negara-negara seperti Rusia dan Arab Saudi.

Namun ada juga analis tidak yakin ada kesempatan tinggi untuk terwujudnya kesepakatan, dan bahkan jika itu terjadi, mereka tidak yakin itu akan cukup untuk membantu membersihkan kelebihan pasokan minyak mentah global.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik jika dollar AS terus melemah. Namun jika sentimen kekenyangan global kembali menguat, dapat menekan harga minyak. Harga diperkirakan akan menembus kisaran Resistance $ 46,30 – $ 46,80, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 45,80 – $ 45,30.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here