Bursa Wall Street Akhir Pekan dan Q3 Naik Tinggi; Nasdaq Q3 Melonjak 9,7 Persen

781

Bursa saham AS berakhir naik lebih tinggi pada perdagangan akhir pekan hari Sabtu dinihari (01/10) setelah saham Deutsche Bank rebound di tengah laporan bahwa raksasa perbankan Jerman mendekati penyelesaian dengan Departemen Kehakiman AS.

Saham bank yang terdaftar di AS tersebut naik 14 persen, pulih dari semua kerugian mereka dari Kamis dan pada kecepatan untuk hari terbaik mereka sejak 2011. AFP, mengutip sebuah sumber, melaporkan bahwa bank mungkin mendekati penyelesaian $ 5,4 miliar dengan Departemen Kehakiman AS. CNBC belum secara independen mengkonfirmasi laporan itu, tetapi jika akurat, penyelesaian yang akan berada di bawah pembukaan tawaran yang dilaporkan $ 14 miliar oleh Departemen Kehakiman AS dalam pembicaraan dengan Deutsche.

Indeks Dow Jones Industrial Average melompat 226,17 poin pada sesi tertinggi sebelum menutup sekitar 165 poin lebih tinggi, dengan saham Goldman Sachs berkontribusi paling besar dalam keuntungan.

Indeks S & P 500 naik 0,8 persen, dengan sektor keuangan naik lebih dari 1 persen untuk memimpin advancers. SPDR S & P Bank ETF (KBE) naik hampir 1,5 persen.

Indeks komposit Nasdaq naik 0,8 persen, dengan saham Apple naik sekitar 0,7 persen dan iShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB) menguat 1,2 persen.

Saham Deutsche yang terdaftar di AS mencapai semua waktu rendah pada hari Kamis setelah Bloomberg melaporkan bahwa sekitar 10 hedge fund yang mengurangi eksposur mereka ke saham bank Jerman ini.

CEO John Cryan mengirim pemberitahuan internal kepada karyawan bank sebelumnya pada hari Jumat, mencoba untuk meyakinkan mereka bahwa Deutsche memiliki fundamental yang kuat dan bahwa laporan media baru-baru ini yang menyebabkan “kekhawatiran yang dibenarkan.”

Pasar juga menerima dorongan dari komentar yang dibuat oleh Ketua Federal Reserve Janet Yellen Kamis setelah penutupan. Dalam konferensi video, dia mengatakan bank sentral AS mungkin bisa membantu perekonomian AS dalam krisis masa depan jika bisa membeli saham dan obligasi korporasi.

Dalam pasar minyak. OPEC sepakat untuk memotong produksi pada hari Rabu yang akan diberlakukan pada bulan November, namun pelaku pasar saham tetap skeptis pada hari Kamis tentang perjanjian. Harga minyak mentah AS naik 0,86 persen menjadi menetap di $ 48,24 per barel pada hari Jumat, sehari setelah naik 1,66 persen. Baker Hughes juga mengatakan jumlah kilang minyak naik 7-425.

Akhir perdagangan akhir pekan juga menandai akhir kuartal ketiga. Indeks S & P dan Dow naik masing-masing 3,31 persen dan 2,11 persen untuk kuartal tersebut, dan membukukan kemenangan beruntun empat kuartal. Namun Nasdaq mengungguli pada kuartal ketiga, mendapatkan 9,69 persen dan mengalahkan pelemahan dua kuartal.

Dalam berita ekonomi, pengeluaran pribadi tetap datar pada bulan Agustus, sementara pendapatan naik 0,2 persen. PCE Inti, ukuran inflasi disukai Federal Reserve, naik 0,2 persen.

Data lain yang dirilis Jumat termasuk pembacaan akhir pada sentimen konsumen September dan Chicago PMI September, keduanya mengalahkan ekspektasi.

Treasury AS jatuh, dengan yield dua tahun dekat 0,76 persen dan yield 10-tahun di 1,60 persen.

Dolar AS jatuh terhadap sekeranjang mata uang, dengan euro dekat $ 1,124 dan yen sekitar 101,4.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 164,70 poin, atau 0,91 persen, menjadi ditutup pada 18,308.15, dengan penguatan tertinggi saham Wal-Mart dan saham Verizon yang koreksi terbesar.

Indeks S & P 500 naik 17,14 poin, atau 0,80 persen menjadi berakhir pada 2,168.27, dengan sektor keuangan memimpin delapan sektor yang lebih tinggi dan sektor utilitas yang melemah.

Indeks Nasdaq menguat 42,85 poin, atau 0,81 persen menjadi ditutup pada 5.312.

Malam nanti akan dirilis data ISM Non Manufacturing PMI September yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif jika data ISM Non Manufacturing meningkat. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here