Harga Minyak Mentah Sesi Asia Tertekan Peningkatan Ekspor Iran

618

Harga minyak mentah merosot pada perdagangan Selasa (04/10) di sesi Asia, terbebani oleh kenaikan ekspor Iran yang menambah kelebihan pasokan global, meskipun OPEC berencana memotong produksi minyak mentah tahun ini.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) minyak mentah turun 20 sen atau 0,41 persen ke $ 48,61 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Internasional Brent diperdagangkan pada $ 50,77 per barel, turun 12 sen atau 0,24 persen dari penutupan sebelumnya.

Para pedagang mengatakan harga tertekan oleh kenaikan terbaru dalam penjualan minyak mentah dan kondensat Iran, yang kemungkinan mencapai sekitar 2,8 juta barel per hari (bph) pada bulan September, hampir mencapai puncaknya pada pengiriman sebelum sanksi yang dikenakan pada produsen OPEC 2011.

Analis mengatakan Iran akan berjuang untuk meningkatkan produksi lebih lanjut dan mencapai tingkat pra-sanksi membuatnya lebih mungkin Teheran akan setuju pada beberapa bentuk kendala produksi dengan anggota lain dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), termasuk rival regional Arab Saudi, yang juga memompa minyak mendekati level rekor.

Ada optimisme bahwa produsen OPEC, dan mungkin juga eksportir di luar kelompok seperti Rusia, akan menemukan beberapa bentuk perjanjian pada saat kelompok produser bertemu pada bulan November, meskipun risiko kegagalan tetap ada.

“Untuk saat ini, optimisme telah kembali dan pasar cemas akan menunggu konfirmasi dari perjanjian atau partisipasi tambahan non-OPEC,” kata Morgan Stanley dalam sebuah catatan kepada klien.

Ia menambahkan bahwa “risiko kekecewaan tinggi, dan fundamental tetap menantang / tidak berubah untuk sementara.”

Bank AS mengatakan faktor harga penting untuk dilihat dalam beberapa pekan mendatang termasuk pembicaraan pada produksi dengan anggota non-OPEC, terutama dengan Rusia, produksi dalam OPEC sebagai anggotanya mencoba untuk memeras minyak sebelum dipotong atau dibekukan, aktivitas lindung nilai oleh produsen ke 2017 sebagai pedoman ke depan harga, dan persediaan AS dan data impor.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi melemah tertekan penguatan dollar AS dan kekuatiran kekenyangan global, sementara kesepakatan pemotongan produksi baru akan dilaksanakan November mendatang. Harga minyak mentah diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 48,10-$ 47,60, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 49,10-$ 49,60.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here