Rupiah Kamis 6 Oktober Berhasil Kuat Lawan Dollar

1391

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa hari Kamis (6/10) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas, rupiah berhasil kuat kembali setelah pada sesi siang sempat tertekan oleh kekuatan dollar AS. Terpantau kekuatan dollar sedang terpangkas melawan rival-rival utamanya.

Namun berbalik kuatnya rupiah di akhir sesi  tidak membuat aksi beli saham investor asing bertambah menahan tarikan modal mereka yang cukup besr sehingga tercetak  net sell asing  mencapai Rp59 miliar lebih.  Tarikan modal asing tersebut  menekan IHSG yang ditutup lemah.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp12990/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13000/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih kuat di 12992 dari perdagangan sebelumnya  di 12995, demikian kurs transaksi antar bank juga dilemahkan ke 13057  perdagangan sebelumnya 13060 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  meski  kekuatan dollar AS semakin bertambah  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here