Harga Minyak Mentah Sesi Asia Lanjutkan Penguatan Mengatasi $ 50

728

Harga minyak mentah AS bertahan di atas $ 50 per barel pada perdagangan hari Jumat di sesi Asia karena keseluruhan kurva minyak mentah kurva maju naik di atas permukaan yang menandakan bahwa pasar keuangan telah meningkatkan kepercayaan di sektor ini.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) naik7 sen atau 0,14 persen pada $ 50,51 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka internasional Brent sudah pindah lebih dari $ 50 pada awal pekan ini, dan diperdagangkan pada $ 52,56 per barel, naik 5 sen atau 0,10 persen.

Dengan kedua kontrak bulan depan di atas $ 50 per barel dan setiap kurva maju dalam contango, di mana kontrak untuk pengiriman masa depan yang lebih mahal dari yang untuk dijual segera, seluruh kompleks mentah berjangka telah bergerak kembali di atas $ 50 per barel.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) berencana untuk menyepakati pemotongan produksi ketika akan bertemu pada akhir November, dalam upaya untuk mengendalikan kelebihan pasokan minyak mentah global yang telah menekan harga dua tahun terakhir.

Meskipun meningkatnya kepercayaan oleh pedagang minyak keuangan di harga yang lebih tinggi, pasar fisik masih relatif lemah.

Dalam tanda kelebihan pasokan yang berkelanjutan dan persaingan harga antara produsen, eksportir atas Arab Saudi memotong harga patokan minyak mentah ke Asia pekan ini, dan analis memperingatkan bahwa ada keterputusan yang tumbuh antara fisik dan keuangan pasar minyak yang akhirnya harus menyatu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah selanjutnya akan mencermati pergerakan dollar AS yang jika terus menguat akan menekan harga minyak mentah. Jika malam nanti data Non Fam Payrolls AS naik dan menguatkan dollar AS maka mengancam tekanan bagi harga minyak. Harga minyak mentah diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 50,00-$ 49,50, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 51,00-$ 51,50.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here