Inflasi Jerman September Meningkat

642

Pembacaan akhir untuk harga konsumen September Jerman mengkonfirmasi data sementara dengan harga naik 0,1% pada bulan dan 0,7% sepanjang tahun. Data ini sejalan dengan ekspektasi pasar dengan tingkat tahunan naik dari 0,4% bulan sebelumnya.

Kenaikan inflasi tahunan adalah yang terkuat sejak Mei 2015 dan ada ruang untuk peningkatan bertahap lebih lanjut selama beberapa bulan ke depan.

germany-inflation-rate-mom

Harga energi naik 0,7% pada bulan ini, tapi masih mencatat penurunan tahunan 3,6%. Tidak termasuk biaya energi rumah tangga dan bahan bakar, harga naik 0,1% pada bulanan untuk memberikan keuntungan tahunan 1,2%.

germany-inflation-cpi

Harga barang naik 0,8% pada bulan ini, tapi masih ada penurunan tahunan 0,1%.

Sebaliknya, harga sektor layanan turun 0,6% pada bulanan untuk memberikan keuntungan tahunan 1,3%. Penurunan harga sektor jasa terdistorsi oleh penurunan tajam dalam biaya paket liburan, yang menarik biaya rekreasi keseluruhan yang lebih rendah. Peningkatan tahunan pendidikan, restoran dan aneka sektor jasa juga semua 2,0% atau lebih tinggi.

Tekanan harga yang terutama lemah dalam beberapa bulan terakhir tahun 2015 dan menjadi awal 2016 dan ada ruang untuk peningkatan lebih lanjut dalam tingkat tahunan selama beberapa bulan ke depan. Tingkat 1,0% akan menjadi ambang signifikan dan potensi titik kritis untuk pergeseran ekspektasi pasar.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here