Laju Rupiah Kamis Tertekan Rencana Kenaikan Fed Rate

694

Mengakhiri perdagangan valas tanah air hari Kamis (13/10) rupiah tidak mampu menahan kekuatan dollar AS yang sedang menguat kembali terhadap banyak rival utamanya di pasar spot sesi Eropa. Pelemahan rupiah sejak awal perdagangan semakin bertambah namun masih dibawah kisaran 13100.

Lemahnya  rupiah  sepanjang hari tidak mampu menahan arus keluar  modal asing lebih besar dari arus masuk ke bursa saham  sehingga  tercetak  net sell asing  mencapai Rp456 miliar  lebih. Aksi jual investor asing cukup besar tersebut  juga  menekan  IHSG yang ditutup turun 0,2%.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan  0,41% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13071/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13032/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih lemah di 12992 dari perdagangan sebelumnya  di 12969, demikian kurs transaksi antar bank juga diperlemah ke 13093  perdagangan sebelumnya 13088 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  meskipun kekuatan dollar AS semakin bertambah  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here