Harga Minyak Mentah Sesi Asia Merosot Tertekan Sentimen Bearish

623

Harga minyak mentah turun pada Senin (17/10) di sesi Asia, ditarik ke bawah oleh meningkatnya jumlah kilang minyak di Amerika Serikat, dolar AS yang kuat dan rekor produksi OPEC yang terjadi di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi global yang bisa mengikis permintaan bahan bakar.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 50,20 per barel, turun 15 sen atau 0,30 persen dari posisi terakhir.

Para pedagang mengatakan bahwa WTI ditarik ke bawah oleh kenaikan lain dalam kegiatan pengeboran minyak AS.

Sebuah laporan diawasi ketat pada hari Jumat oleh penyedia jasa minyak Baker Hughes menunjukkan pengebor AS menambahkan empat rig di pekan hingga14 Oktober. Ini adalah minggu ke-16 berturut-turut kenaikan pengebor minyak, menunjukkan kelebihan produksi.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent juga turun 6 sen atau 0,12 persen pada $ 51,89 per barel.

Para pedagang mengatakan bahwa kenaikan tertinggi tujuh bulan dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, yang disebabkan oleh penguatan harapan kenaikan suku bunga AS akhir tahun ini, juga membebani harga minyak.

Dengan minyak diperdagangkan dalam dolar, penguatan dollar AS membuatnya lebih mahal bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya untuk membeli bahan bakar, berpotensi melemahkan permintaan.

Brent juga tertekan oleh catatan produksi segar dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang dipompa keluar rekor 33.600.000 barel minyak mentah per hari pada bulan September.

“Rekam pasokan dari OPEC tahun ke tahun, perkiraan PDB global yang melemah, dan persediaan masih tinggi menyebabkan kita untuk menurunkan dan meratakan prospek harga minyak kita,” kata Bernstein Energi dalam sebuah catatan kepada klien pada hari Senin.

“Kami mengurangi perkiraan Brent untuk $ 60 per barel pada 2017 ($ 70 per barel sebelum) dan $ 70 per barel pada 2018 ($ 80 per barel sebelum),” tambahnya.

Meskipun jatuh hari Senin, analis mengatakan bahwa pedagang berhati-hati tentang pergerakan pasar lebih jauh ke bawah, terutama karena rencana oleh OPEC untuk memangkas produksi dalam sebuah inisiatif untuk mengendalikan kelebihan produksi global, yang saat ini melihat sekitar setengah juta barel minyak mentah dipompa setiap hari lebih dari permintaan.

OPEC dijadwalkan bertemu pada 30 November untuk membahas pemotongan produksi. Kelompok produsen berharap anggota non OPEC, khususnya Rusia, akan bergabung.

“Dengan anggota non-OPEC Rusia menyatakan minat untuk bergabung dalam perjanjian, investor enggan terlalu bearish,” kata ANZ Bank, Senin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah pada perdagangan selanjutnya berpotensi tertekan dengan penguatan dollar AS dan kekuatiran kekenyangan produksi. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 49,70 -$ 49,20, sedangkan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 50,70-$ 51,20

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here