Kekuatan Rupiah Kamis Perbanyak Aliran Modal Asing Masuk Bursa

549

Mengakhiri perdagangan valas di tanah air hari Kamis (20/10), nilai tukar rupiah yang dibuka lebih kuat dari perdagangan sebelumnya terus bergerak positif dalam pergerakan yang terbatas. Terbatasnya laju rupiah sepanjang hari dipicu reboundnya dollar AS terhadap banyak rival utamanya.

Terbatasnya laju rupiah tersebut tidak menghalangi derasnya aliran modal asing masuk bursa daripada aksi jual saham yang dilakukan investor asing, sehingga  terbentuk  net buy asing sebesar Rp235 miliar lebih. Besaran modal asing yang masuk  cukup besar tidak kuat mendongkrak  IHSG yang turun 0,1%.

Lihat: IHSG 20 Oktober Berakhir Turun, Raih 200 Miliar Lebih Dana Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,02% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13001/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13004/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  kembali diperkuat  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih kuat  di 12999 dari perdagangan sebelumnya  di 13007, demikian kurs transaksi antar bank juga diangkat   ke 13064 dari  perdagangan sebelumnya 13072.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok  diperkirakan  dibuka positif  meskipun proyeksi kekuatan dollar AS  bangkit kembali hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here