Optimisme Konsumen AS Bulan Oktober Merosot

532

The Conference Board pada Selasa (25/10) merilis indeks kepercayaan konsumen yang turun menjadi 98,6 pada Oktober dari 103,5 pada bulan September. Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal memperkirakan indeks akan jatuh ke 101,2 pada bulan Oktober.

Optimisme yang melonjak pada akhir musim panas, mundur bulan ini karena konsumen menurunkan penilaian mereka terhadap koondisi ekonomi saat ini dan kemungkinan akan tampil kuat di masa depan. Indeks situasi sekarang turun lebih dari 7 poin bulan ini untuk 120,6, sedangkan indeks ekspektasi turun lebih dari tiga poin untuk 83,9.

Ekonom melihat percaya diri disebabkan konsumen optimis, dimana mereka lebih cenderung untuk meningkatkan belanja, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi. Pengeluaran rumah tangga mencerminkan sekitar 70% dari permintaan ekonomi di AS

Konsumen terus mengkonsumsi, membantu rebound ekonomi dari perlambatann paruh pertama tahun ini. Penjualan di toko-toko ritel, pengecer online dan restoran naik 0,6% pada September dari Agustus dan telah naik 2,7% sepanjang tahun lalu, pemerintah melaporkan bulan ini.

Ekonom memproyeksikan ekonomi tumbuh pada laju tahunan antara 2% dan 3% pada kuartal ketiga. Itu tumbuh pada tingkat tepat di atas 1% pada semester pertama tahun ini.

“Secara keseluruhan, sentimen bahwa perekonomian akan terus berkembang dalam jangka dekat, tapi pada kecepatan yang moderat,” Lynn Franco, direktur indikator ekonomi di Conference Board, mengatakan dalam sebuah catatan kepada klien.

Laporan hari Selasa juga menunjukkan konsumen mengambil pandangan yang kurang optimis tentang pasar tenaga kerja bulan ini. Pangsa konsumen mengharapkan lebih banyak pekerjaan di bulan depan turun menjadi 13,1% dari 15,7%. Tetapi mereka mengharapkan pekerjaan yang lebih sedikit juga menurun. Pangsa rumah tangga mengharapkan pendapatan meningkat tidak berubah, sementara mereka mengharapkan pendapatan untuk jatuh menurun.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here