Rupiah Selasa Kembali di Zona Merah Tertekan Dollar AS

765

Kekuatan dollar AS menekan banyak kurs kawasan Asia sepanjang hari juga berlangsung pada kurs rupiah hari  Selasa (29/11) setelah dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya. Hingga akhir pasar valas sore ini kurs rupiah ada dalam tekanan menuju posisi 13600.

Buruknya performance  rupiah sepanjang hari membuat  modal asing keluar bursa sangat banyak melebihi  arus masuknya sehingga tercetak net sell asing  sebesar Rp852 miliar lebih.  Namun tekanan jual  investor asing tersebut tidak mampu melawan aksi bargain hunting investor lokal yang berhasil angkat  0,4%.

Lihat: IHSG 29 November Berakhir Naik, Pergerakan Wall Street dan Minyak Akan Dicermati

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,21% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13560/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13525/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini   dilemahkan dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia lebih lemah di 13570 dari perdagangan sebelumnya  di 13540, demikian kurs transaksi antar bank juga dilemahkan ke 13617 dari  perdagangan sebelumnya 13534.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif oleh meskipun prospek dollar AS akan semakin kuat hingga akhir perdagangan  sesi Amerika  esok pagi.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here