Harga Minyak Mentah Sesi Asia Bergerak Lemah Terpicu Peningkatan Persediaan Bensin dan Distilat

671

Harga minyak mentah bergerak lemah pada perdagangan sesi Asia hari Jumat (06/01) setelah mendapatkan hampir 1 persen sehari sebelumnya di tengah berita bahwa Arab Saudi telah memangkas produksi untuk memenuhi kesepakatan OPEC untuk mengurangi produksi.

Harga minyak mentah berjangka AS untuk pengiriman Februari turun 15 sen atau 0,28 persen menjadi $ 53,61 per barel, setelah menutup naik 50 sen pada hari Kamis. Untuk minggu ini, kontrak cenderung sebagian besar stabil.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Maret turun 19 sen atau 0,33 persen, menjadi $ 56,70 per barel.

Arab Saudi telah membatasi produksi minyak pada bulan Januari oleh setidaknya 486.000 barel per hari (bph) menjadi 10.058.000 barel per hari, sepenuhnya melaksanakan kesepakatan OPEC untuk memperlambat produksi, menurut sumber Teluk akrab dengan kebijakan minyak Saudi.

Namun harga kembali bergerak lemah setelah investor kembali fokus pada data yang menunjukkan peningkatan mengejutkan besar dalam persediaan bensin dan distilat AS.

Persediaan minyak mentah AS turun tajam untuk mengakhiri tahun ini, Administrasi Informasi Energi AS mengatakan, dengan hasil penurunan dari 7,1 juta barel, tetapi persediaan bensin dan sulingan melonjak karena penyuling menggenjot produksi untuk mengurangi persediaan minyak mentah, praktik akhir tahun untuk menghindari pajak yang lebih tinggi.

Persediaan bensin naik 8,3 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan 1,8 juta barel. Persediaan distilasi, yang termasuk diesel dan minyak pemanas, naik 10,1 juta barel, dibandingkan ekspektasi untuk kenaikan 1,1 juta barel, data EIA menunjukkan. Harga bensin AS turun sekitar 0,6 persen pada hari Kamis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah akan lemah dengan meningkatnya persediaan besnin dan distilat. Namun jika dollar AS terus lanjutkan pelemahan dan optimisme pemotongan produksi meningkat, akan mengangkat harga minyak mentah. Harga minyak mentah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 53,10 dan $ 52,60, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 54,10 dan $ 54,60.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here