Harga Timah Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS; Mingguan Masih Negatif

689

Harga timah di bursa Malaysia naik pada perdagangan Senin (16/01). Kenaikan harga timah terdukung pelemahan dollar AS semalam.

Indeks Dollar AS melemah 0,17 persen pada perdagangan mata uang akhir pekan.

Pelemahan dollar AS membuat harga timah yang dijual dalam mata uang dollar AS menjadi lebih murah, sehingga permintaannya meningkat.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami kenaikan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 21.100 dollar per ton, naik sebesar 150 dollar atau 0,7 persen dari penutupan sebelumnya pada 20.950.

Secara mingguan harga timah turun -0,7 persen, tertekan penguatan dollar AS dan pelemahan impor Tiongkok.

Pasar akan mencermati pidato yang direncanakan pada hari Selasa oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May apakah negara Inggris akan mengambil pendekatan lunak atau keras untuk Brexit. Kekuatiran Brexit akan melemahkan poundsterling, dan sebaliknya menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah terbatas dengan penguatan dollar AS. Harga akan menghadapi level Support di posisi 19.900 dollar dan 19.700 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level Resistance di 21.300 dollar dan 21.500 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here