Penguatan Rupiah 7 Maret Lancarkan Modal Asing Masuk Bursa

924

Mengakhiri perdagangan pasar valas   hari Selasa (7/3),  pergerakan rupiah yang positif namun terbatas ditutup menguat tipis dengan potensi terpangkas kembali pada akhir sesi Amerika besok di pasar global jika dollar AS melanjutkan aksi rallynya yang sempat terganjal di sesi Asia.

Lihat : Usaha Dollar AS Lanjutkan Rally Berhasil di Sesi Eropa

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi menguat 0,01%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13349/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13366/US$. Demikian untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  lebih kuat dari perdagangan sebelumnya.

Penguatan rupiah terhadap dollar AS yang terbatas mampu membuat modal asing masuk melebihi tekanan jual, sehingga terpantau di bursa asing cetak  net buy tingga Rp87 miliar lebih. Namun support modal  investor asing tersebut tidak dapat mendorong  IHSG yang berakhir bearish.

Untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari, analyst Vibiz Research Center memperkirakan melemah oleh  proyeksi  pergerakan dollar AS yang kuat di akhir perdagangan malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here