Harga Minyak Mentah Naik Lebih 2 Persen Terdukung Penurunan Produksi AS

927

Harga minyak mentah melonjak pada akhir perdagangan Kamis dinihari (16/03) setelah laporan resmi pemerintah AS menunjukkan penurunan persediaan minyak mentah mingguan, menawarkan harapan bahwa tiga tahun kekenyangan global dalam minyak akan segera berakhir.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) naik $ 1,14, atau 2,4 persen, pada $ 48,86 per barel, kenaikan pertama dalam delapan hari.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent naik 89 sen, atau 1,75 persen, ke $ 51,81.

Data persediaan mingguan terbaru dari Administrasi Informasi Energi (EIA) mencatat hasil penurunan 0,24 juta barel dalam pekan yang berakhir 10 Maret menyusul 8.210.000 kenaikan minggu sebelumnya. Perkiraan konsensus adalah untuk kenaikan sekitar 3,0 juta barel, meskipun data API semalam telah melaporkan hasil imbang kecil yang memicu beberapa pergeseran ekspektasi keseluruhan menjelang data EIA.

Persediaan bensin turun 3,1 juta barel pada pekan ini setelah hasil penurunan sangat besar minggu lalu dan persediaan 1,4% di bawah tingkat tahun lalu. Distilat juga mencatat hasil penurunan lebih besar dari 4,2 juta barel pada pekan ini untuk memberikan penurunan year-on-year sebesar 2,5%.

Benchmark telah memantul tingkat terendah sejak Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) sepakat pada akhir tahun lalu untuk memotong produksi minyak mentah, dengan gelombang awal berlalu dengan persediaan tetap tinggi.

Persediaan telah diawasi ketat oleh pedagang minyak untuk menentukan apakah perjanjian OPEC untuk memangkas produksi telah mengurangi kekenyangan global.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lanjutkan kenaikan dengan penurunan produksi AS. Harga minyak mentah berpotensi bergerak dalam kisaran Resistance $ 49.40-$ 49.90, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 48.40-$ 47.90.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here