Harga Minyak Mentah Turun Terganjal Peningkatan Pasokan AS

866

Harga minyak mentah tergelincir ke hampir terendah empat bulan pada akhir perdagangan Kamis dinihari (23/05) setelah data menunjukkan persediaan minyak mentah AS meningkat lebih tinggi dari yang diperkirakan, menambah tekanan bagi OPEC untuk memperpanjang pemotongan produksi setelah Juni.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI), sebagai hari pertama kontrak bulan depan untuk Mei berakhir turun 20 sen atau 0,4 persen, pada $ 48,04 per barel.

Harga minyak mentah berjangka patokan global Brent untuk pengiriman Mei turun 31 sen ke $ 50,65 per barel pada 2:33 EDT (1833 GMT). Kontrak jatuh serendah $ 49,71.

Administrasi Informasi Energi (EIA) AS mengatakan persediaan AS naik hampir 5 juta barel menjadi 533.100.000 pekan lalu, jauh melampaui perkiraan untuk peningkatan 2,8 juta.

Kedua patokan mencapai terendah sejak 30 November ketika negara-negara OPEC sepakat untuk memangkas produksi, dan tetap di wilayah teknis oversold. WTI telah oversold untuk hari ketiga berturut-turut, Brent untuk yang kedua.

Sebuah kesepakatan antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan beberapa produsen non-OPEC untuk mengurangi produksi 1,8 juta barel per hari (bph) pada semester pertama 2017 hanya berdampak sedikit untuk mengurangi kelebihan pasokan minyak global.

OPEC yang mengatakan condong ke arah memperpanjang pemotongan, telah secara luas melakukan pengurangan yang dijanjikan, tapi negara-negara non-OPEC belum memotong sepenuhnya sejalan dengan komitmen.

Produsen minyak serpih AS telah menambahkan kilang, meningkatkan produksi minyak mingguan negara untuk sekitar 9,1 juta barel per hari untuk pekan yang berakhir 10 Maret dari rata-rata 8,9 juta barel per hari untuk 2016, menurut data AS.

Analis mengatakan pasar undersupplied dan, jika OPEC memperpanjang pemotongan ke babak kedua, persediaan akan turun ke bawah dan harga kembali di atas $ 60 pada kuartal keempat.

Produksi minyak mentah AS diperkirakan akan tumbuh 360.000 barel per hari pada tahun 2017 dan 1 juta barel per hari pada 2018, dan pemulihan harga bisa memacu lebih aktivitas shale AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah dapat bergerak naik terpicu aksi bargain hunting setelah harga minyak terus merosot, juga berpotensi naik jika pelemahan dollar AS terus berlanjut. Harga minyak mentah berpotensi bergerak dalam kisaran Resistance $ 48.50-$ 49.00, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 47.50-$ 47.00.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here