Kekuatan Rupiah 27 Maret Gagal Bangkitkan IHSG Awal Pekan

541

Mengakhiri perdagangan pasar valas  hari Senin (27/3),  kekuatan rupiah awal perdagangan berhasil dipertahankan melawan dollar AS setelah akhir pekan lalu terkoreksi. Kekuatan rupiah awal pekan ini didapat dari pijakan bearishnya dollar AS dan juga dukungan intervensi BI terhadap kurs referensi harian.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,13%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13310/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13304/US$. Demikian untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  lebih kuat dari perdagangan sebelumnya.

Kuatnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sepanjang hari menambah  antusiasme  investor asing setor modalnya lebih banyak di bursa saham  sehingga tercetak  net buy  Rp396 miliar lebih. Namun support modal  investor asing tersebut  tidak mampu membuat IHSG keluar dari zona merah.

Lihat: IHSG 27 Maret Ditutup Turun Tergerus Pelemahan Bursa Global

Untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari, analyst Vibiz Research Center memperkirakan menguat oleh  suramnya pergerakan dollar AS hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here