Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun Terendah 1 Bulan

533

Harga minyak mentah berjangka melemah pada hari Kamis (04/05), jatuh untuk tiga dari empat sesi dan perdagangan mendekati titik terendah sejak akhir Maret setelah data menunjukkan penurunan yang lebih rendah dari perkiraan untuk penurunan persediaan A.S.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 29 sen atau 0,61 persen menjadi $ 47,53 per barel setelah berakhir 16 sen lebih tinggi pada $ 47,82 per barel pada sesi terakhir.

Harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan pada $ 50,50 per barel, turun 29 sen atau 0,57 persen.

Pasokan minyak mentah A.S. turun kurang dari yang diperkirakan minggu lalu, sementara persediaan bensin tumbuh karena permintaan tetap lemah, Administrasi Informasi Energi mengatakan pada hari Rabu, dengan tetap memperhatikan pasokan global.

Persediaan minyak mentah turun 930.000 barel dalam sepekan hingga 28 April, jauh lebih rendah dari ekspektasi analis terhadap penurunan 2,3 juta barel. Pasokan minyak mentah telah terus menurun selama empat minggu terakhir, namun pada 527,8 juta barel, mereka masih 3 persen lebih tinggi dari waktu ini setahun yang lalu.

Sementara pasar mengambil arahan dari persediaan A.S. dan kenaikan produksi, investor juga memantau apakah negara-negara produsen telah memenuhi kesepakatan 2016 mereka untuk memangkas produksi sekitar 1,8 juta barel per hari (bpd) pada pertengahan tahun.

Rusia, yang menghasilkan potongan produksi terbesar di luar OPEC, mengatakan pada 1 Mei, pihaknya telah mengurangi produksi lebih dari 300.000 barel per hari sejak mencapai puncak produksi pada bulan Oktober.

Namun, survei terbaru terhadap produksi OPEC menunjukkan bahwa kepatuhan negara tersebut telah turun sedikit. OPEC bertemu pada 25 Mei untuk membahas perluasan kesepakatan tersebut.

Ekspor bahan bakar minyak Irak melonjak sejak Januari meskipun terjadi penurunan produksi minyak mentah negara tersebut seiring dengan penurunan pasokan OPEC, sumber industri mengatakan, dalam hal apa yang bisa menjadi cara untuk meningkatkan produksi produk olahan dan mempertahankan pendapatan minyak. Irak rata-rata mengekspor antara 80.000 dan 160.000 ton bahan bakar minyak per bulan pada tahun 2016, data yang dikumpulkan oleh Thomson Reuters Oil Research menunjukkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah jika penguatan dollar AS berlanjut. Malam nanti jika data perdagangan AS terealisir peningkatan defisit akan melemahkan dollar AS, dan ini berpotensi mengangkat harga minyak. Harga minyak mentah diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 47,00-$ 46,50, dan jika harga bergerak naik akan menguji kisaran Resistance $ 48,00-$ 48,50.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here