Inflasi Juni Italia Turun Diluar Perkiraan

708

Biaya hidup di Italia mengalami penurunan besar dan tak terduga di bulan Juni, menyebabkan beberapa ekonom menurunkan perkiraan mereka untuk data secara luas untuk kawasan Eropa yang akan dirilis pada akhir minggu.

Dibandingkan dengan tahun lalu, indeks harga konsumen Italia 1,2%, turun dari 1,4% di bulan sebelumnya, berdasarkan konsensus: 1,3%, demikian menurut ISTAT, Rabu (28/06).

Turun dalam tingkat perubahan tahunan untuk harga makanan non-olahan dan produk energi yang tidak diatur adalah penyebab utama, kata ISTAT.

Yang pertama menurun dari 3,8% menjadi 1,3% dan yang terakhir dari 6,8% menjadi 3,0%.

Namun terjadi kenaikan inflasi inti, yang tidak termasuk harga makanan dan energi karena volatilitasnya, sebenarnya berakselerasi dari kenaikan 0,7% di bulan Mei menjadi 0,9% untuk bulan Juni.

Dalam hal harmonisasi, IHK Italia turun sebesar 0,2% pada bulan ini dan naik 1,2% pada tahun ini, berdasarkan konsensus: 1,4%.

Setelah data tersebut, para ekonom di Barclays Research menurunkan perkiraan mereka untuk tingkat CPI zona Eropa yang akan diluncurkan pada hari Jumat menjadi 1,3% dari 1,4%, dengan risiko penurunan. Perkiraan mereka untuk inflasi inti zona Eropa tidak berubah pada 1,0%.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here