Rupiah Rabu Pagi Dibuka Kuat Kalahkan Dollar

393

Tekanan profit taking yang dialami dollar AS terhadap banyak mata uang rivalnya masih terus berlanjut hingga perdagangan sesi Asia hari Kamis (22/6), dan berhasil mengangkat rupiah awal sesi. Setelah perdagangan dibuka rupiah alami koreksi dan bergerak negatif seiring dengan pelemahan kurs referensi rupiah oleh BI.

Namun pergerakan rupiah yang positif   terhadap dollar AS tidak  membuat investor asing setor modalnya dari  bursa saham,  sehingga membentuk net sell sebesar Rp260 miliar lebih. Tekanan kuat investor asing  tersebut memberikan pukulan bagi IHSG yang sedang bergerak dalam zona merah.

Lihat: IHSG 5 Juli Bergerak Naik Terbantu Penguatan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi terkini menguat dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13351/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13355/US$. Demikian untuk kurs tengah yang di tetapkan BI  lebih kuat dari perdagangan sebelumnya di 13349 dari 13386.

Untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot selanjutnya  masih berpotensi melanjutkan penguatan. Sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13370 dan  resistance di 13350.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here