Harga Batubara Rotterdam Akhir Pekan Turun; Mingguan Melonjak 4,5 Persen

693

Harga batubara Rotterdam ICE ditutup lemah pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (08/07), tertekan pelemahan minyak mentah.

Harga minyak mentah turun sekitar 3 persen pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (8/7) setelah data menunjukkan jumlah produksi dan kilang A.S. meningkat pekan lalu saat ekspor OPEC mencapai titik tertinggi 2017, menimbulkan keraguan atas upaya produsen untuk mengurangi kelebihan pasokan global.

Harga minyak mentah berjangka A.S. West Texas Intermediate (WTI) berakhir turun $ 1,29, atau 2,8 persen menjadi $ 44,23 per barel. Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, diperdagangkan turun $ 1,47, atau 3,1 persen, pada $ 46,64 per barel.

Lihat : Harga Minyak Mentah Akhir Pekan Merosot 3 Persen; Mingguan Anjlok 4 Persen

Harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Agustus 2017 berakhir turun di posisi 83,50 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami penurunan sebesar 0,30 dollar atau setara dengan 0,36 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Untuk mingguan, harga batubara melonjak sekitar 4,5 persen, sebagian besar terbantu penguatan harga minyak mentah dan gangguan pasokan Tiongkok.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga batubara berjangka Rotterdam pada perdagangan selanjutnya akan bergerak lemah dengan masih berlanjutnya kekuatiran peningkatan produksi minyak mentah global yang menekan harga minyak mentah. Harga batubara berjangka berpotensi menguji level Support pada posisi 83,00 dollar dan Support kedua di level 82,50 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 84,00 dollar dan 84,50 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here