Indeks Harga Konsumen dan Produsen Juni Tiongkok Stabil

812

Data inflasi Tiongkok untuk bulan Juni sejalan dengan ekspektasi pada tahun ke tahun ketika dirilis pada hari Senin (10/07).

Indeks Harga Konsumen Tiongkok naik 1,5 persen tahun ke tahun di bulan Juni, menurut Biro Statistik Nasional. Sementara itu, Indeks Harga Produsen naik 5,5 persen terhadap waktu yang sama tahun lalu, Biro tersebut melaporkan. Kedua data tersebut sesuai dengan perkiraan analis Reuters.

CPI Juni dan PPI turun 0,2 persen dari bulan Mei, kata biro tersebut. Analis menyatakan perbaikan PPI Tiongkok akan membantu mendukung pertumbuhan negara tahun ini.

ANZ memperkirakan inflasi PPI akan turun dalam beberapa bulan mendatang. ANZ juga memperkirakan momentum pertumbuhan Tiongkok akan melambat pada paruh kedua tahun ini dari paruh pertama yang lebih baik dari perkiraan karena upaya pemerintah dalam deleveraging keuangan.

Namun, investasi infrastruktur yang kuat dalam lima bulan pertama tahun ini, akan membantu Tiongkok mengamankan target tingkat pertumbuhan 6,5 persen pada 2017.

Beijing menargetkan inflasi konsumen pada 3 persen tahun ini, tidak berubah dari 2016.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here